Sabtu, 13 Agustus 2016

09.37 - No comments

Tanaman Herbal: Mahal dan Sulit Dicari

            Tanaman herbal adalah tanaman yang dapat dijadikan obat penyembuhan alami. Dikatakan alami karena bahannya berasal dari tanaman-tanaman yang biasanya tumbuh disekitar rumah, kebun, dan hutan. Orang-orang tidak mengetahui bahwa tanaman-tanaman yang biasanya berada di tanah, diinjak setiap hari, bahkan tanaman yang berada disemak-semak ternyata berguna bagi kesehatan manusia. Sedikit orang yang peduli terhadap tanaman seperti ini. Hidup di jaman modern ini membuat orang-orang menginginkan gaya hidup yang instan. Tidak dipungkiri jika manusia sekarang lebih memilih obat-obatan rumah sakit daripada bersusah payah mencari tanaman herbal.
            Bagi masyarakat kota mungkin akan terasa sulit mencari tanaman herbal tersebut karena diperkotaan jauh dari tanaman. Perspektif setiap orang yang berbeda-beda membawa banyak dampak bagi kehidupan alam sekitar, seperti tanaman herbal sendiri yang kini dirasakan cukup sulit untuk ditemukan. Apabila sudah ditemukan maka harga yang ditawarkan cukup tinggi. Berbeda jika pengguna tanaman herbal tersebut adalah masyarakat desa yang masih kental dengan obat tradisionalnya. Masyarakat desa pada jaman dulu tidak percaya kepada dokter dan alat medis, mereka lebih memilih obat tradisional daripada harus membuang uang untuk pergi ke dokter. Sekarang semuanya seolah terbalik, orang yang terbilang kaya dan mampu jika mereka terserang sakit parah (mematikan) sebut saja diabetes, kanker, liver, struk, jantung, dan sebagainya. Mereka berlomba-lomba mencari tanaman herbal untuk kesembuhan penyakitnya. Banyak lahan digusur dijadikan pusat perbelanjaan, dijadikan perumahan dan akhirnya tanaman-tanaman herbal pun sedikit demi sedikit hilang dan mulai punah. Keberadaannya yang sulit dicari menjadikan harganya melambung tinggi.
            Pada dasarnya semua tumbuhan itu memiliki manfaat masing-masing. Banyak ayat alqur’an dan hadis yang menjelaskan bahwa Allah menciptakan segala sesuatu yang ada di muka bumi ini dengan manfaatnya masing-masing. Meskipun babi dan anjing yang haram pun, Allah menjelaskan dalam hadis yang isinya bahwa diciptakannya hewan-hewan tersebut untuk menguji seberapa besar keimanan manusia kepada Tuhannya. Beberapa tanaman masih berada tidak jauh dari tempat tinggal kita, seperti: Daun sirih yang berguna untuk kesehatan mata dan organ intim wanita, buah markisa yang berfungsi untuk melancarkan air seni, daun pandan sebagai obat mual dan penyedap makanan, kunyit, temulawak, lengkuas dan lain-lain. Sedangkan yang sulit ditemukan seperti pisang ungu, daun sujen, ciplukan, tembelekan, dan masih banyak lagi.

            Sulitnya menemukan tanaman herbal ini seharusnya dijadikan perhatian setiap orang untuk merawat tanaman yang ada disekitarnya. Ketidaktahuan tentang jenis dan manfaat tanaman sekitar seharusnya membuat kita semakin berhati-hati dalam melakuakn sesuatu, terutama terhadap tanaman. Agar kelak anak-cucu kita dapat mengenal “apa itu tanaman herbal” dan dapat menggunakannya untuk penyembuhan maupun merawat tubuh agar tetap sehat. (T2)

0 komentar:

Posting Komentar